Yummy! Inilah 6 Resep Semur Ayam Andalan Keluarga

Ketika bosan dengan olahan ayam yang biasa-biasa saja, resep semur ayam dapat menjadi solusi. Tidak perlu menyiapkan bahan-bahan secara ribet, semur ayam buatan Anda bisa memanjakan lidah dengan cita rasanya yang mantap. Dapat pula dikreasikan bersama aneka topping sesuai selera. Adapun resep dari semur ayam yang dapat dijadikan referensi, sebagai berikut.

1. Semur Ayam Kecap

Resep semur ayam yang pertama, yaitu semur ayam kecap. Tentu di sini ayam harus disiapkan terlebih dahulu sesuai yang ingin diolah. Misal, seperempat kilogram. Porsi ayam yang diolah sebagai bahan utama mempengaruhi takaran bumbu serta komponen lain dalam pemasakan semur ayam.

Untuk kecap, dapat dipakai kecap dari berbagai merek sesuai selera. Takaran dari kecap sebetulnya bebas, bisa diselaraskan seperti apa kadar kemanisan yang diinginkan. Penambahan cabai dapat menjadi penawar manakala Anda ingin semur ayam kental kecap, tetapi tidak terlalu manis.

 Dalam pembuatan, jangan abaikan takaran garam. Sebaiknya, tuangkan sedikit demi sedikit dari 1 sendok makan. Bubuhkan pula gula putih serta gula merah agar kian mantap. Tunggu sampai matang sempurna dan semur ayam pun siap disantap bersama keluarga.

2. Semur Ayam Pete

Resep semur ayam mungkin tergolong mainstream. Namun, dikombinasikan bersama pete dapat membuat semur ayam yang mulanya biasa-biasa saja menjadi lebih nikmat. Cita rasa yang khas dari pete mampu memikat para penyukanya. Akan tetapi, jika sekiranya Anda kurang menyukai pete, sebaiknya pikir dua kali untuk memakai resep ini.

Pete yang telah dikupas bisa ditambahkan secara langsung pada semur ayam yang sedang diolah tanpa dipotong. Bisa pula dipotong ke dalam ukuran yang lebih kecil supaya tidak terlalu besar. Bagi penyuka rasa pedas, penambahan cabai ekstra juga tidak ada salahnya.

3. Semur Ayam Jengkol

Semur ayam jengkol patut dicoba, khususnya bagi para penggemar jengkol. Jika biasanya hanya semur jengkol serta semur ayam yang diolah terpisah, pengkombinasian dua unsur ini merupakan ide cemerlang.

 Anda dapat memasukkan jengkol pada semur ayam yang telah dicampurkan dengan bumbu. Rasa super nikmat dari jengkol mampu memanjakan lidah Anda. Apalagi dengan dimasak bersama ayam, akan menjadikan cita rasanya kian oke mampu membuat ketagihan.

4. Semur Ayam Kentang

Jika bosan dengan semur ayam tanpa kombinasi, penambahan kentang bisa menjadi terobosan yang pas. Sifat kentang yang lembut serta teksturnya yang tidak keras membuatnya cocok manakala diolah bersama ayam menjadi semur. Potong kentang dengan bentuk sesuai selera sebelum dimasukkan ke dalam semur ayam. Bisa berbentuk panjang, bisa pula kotak kecil-kecil, tetapi lebar.

5. Semur Ayam Keju

Para penyuka keju wajib mencoba resep yang satu ini. Semur ayam yang semula mungkin membosankan bisa dibuat anti mainstream melalui penambahan parutan keju. Kendati tidak diparut, cukup larutkan keju ke dalam semur pun bukan masalah. Hal ini memungkinkan Anda memperoleh cita rasa terbaik, kombinasi antara semur ayam dengan keju.

6. Semur Ayam Balado

Terakhir, ada semur ayam balado. Balado di sini memungkinkan rasa semur yang super pedas. Anda bisa pula membuatnya dengan opsi level kepedasan berbeda. Bisa sangat pedas, bisa pula sedang.

Kini, Anda sudah mengetahui perihal jajaran resep semur ayam yang menarik perhatian. Apabila bosan, mencoba satu per satu resep yang telah disuguhkan di atas adalah hal yang tepat. Dengan kreasi menarik tanpa mengabaikan cita rasa, bisa diperoleh semur ayam terbaik anti mainstream.